Jenis Sablon yang Bagus Dengan Hasil yang Unik

Jenis Sablon

Sablon merupakan teknik pewarnaan yang paling banyak digunakan untuk menghias kaos. Meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada beberapa jenis sablon berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tentunya karena hal tersebut pengguna harus memilih jenis sablon yang bagus untuk digunakan, sehingga bisa menghasilkan kualitas terbaik. Berikut beberapa diantara jenis sablon tersebut :

1. Sablon Plastisol

Pertama adalah jenis sablon plastisol yang sering banyak digunakan karena dinilai sebagai sablon yang sudah memiliki standar internasional. Hal yang menyebabkan jenis ini menjadi jenis sablon yang bagus untuk digunakan adalah warna yang dihasilkan cerah. Tidak hanya itu saja pilihan warnanya juga sangat banyak, sehingga bisa digunakan pada kaos dengan warna dasar apapun.

2. Rubber

Kalau jenis sablon yang bagus satu ini disukai karena bisa merekat dengan baik pada kaos yang disablon. Bahan tinta dari sablon yang satu ini juga terjangkau, dan juga sablon ini memiliki sifat yang elastis. Sehingga bisa dibilang sebagai salah satu sablon terbaik yang bisa dipilih.

3. Sublim (Sablon Printing)

Untuk jenis yang satu ini pasti sudah sering ditemukan, dan paling banyak digunakan. Salah satu hasilnya untuk bikin jersey futsal printing terbaik. Dengan menggunakan printer sebagai alat untuk mencetaknya sehingga pilihan warna yang disediakan juga sangat beragam.

4. Glow In The Dark

Lalu ada jenis sablon yang satu ini dan bisa dibilang sangat unik, karena sesuai dengan namanya sablon yang satu ini bisa menyala dalam gelap. Hal ini dikarenakan tinta yang digunakan pada sablon jenis ini menggunakan fosfor pada campuran bahannya. Selain itu sablon ini juga dinilai sangat awet.

5. Flocking

Sesuai dengan namanya sablon ini nanti pada hasil akhirnya akan memberikan kesan seperti bulu-bulu halus pada permukaan benda yang disablon. Uniknya lagi sablon ini tidak menggunakan tinta seperti sablon pada umumnya. Melainkan menggunakan bubuk warna dalam proses pewarnaan sablonnya.

READ  Ketahui Ukuran Standar Kemeja Pria Agar Tidak Salah Pilih

6. Discharge

Di nomor enam ada jenis sablon yang bernama discharge yang dinilai memiliki keawetan tinggi dan pembuatannya juga dinilai unik. Sablon ini dinilai mampu membuat warna menyerap sampai ke dasar kain. Sehingga bisa mengubah warna asli dari benang yang digunakan pada bahan yang disablon.

7. Sablon Foil

Apabila menyukai efek warna yang sedikit glossy atau seperti satin, maka teknik sablon yang seperti ini sangat wajib untuk dicoba. Karena dengan sablon ini yang menggunakan bahan dasar kertas logam sebagai campuran tintanya bisa memberikan efek warna layaknya emas ataupun perak.

8. Sablon Puff/Foam

Hampir sama seperti sablon flocking, sablon puff atau foam ini juga memberikan efek timbul. Sesuai dengan namanya efek yang ditimbulkan dari sablon ini sangat lembut seperti layaknya sebuah busa ataupun foam. Untuk sablon yang satu ini dinilai sangat cocok untuk digunakan pada semua bahan yang berjenis katun.

9. High Density

Jenis sablon lainnya yang juga memberikan efek seperti timbul adalah sablon dengan jenis high density. Sablon yang ini memiliki detail yang cukup unik karena pada tinta yang digunakan menggunakan campuran antara tinta sablon plastisol dengan tinta sablon transparan (straight up gloss). Sehingga efek timbul lebih awet dan juga tahan lama.

10. Glitter

Meskipun memiliki efek glitter yang sekilas terlihat mudah rusak, ternyata sablon ini juga memiliki keawetan yang lumayan tinggi. Sehingga selain enak untuk dipandang, sablon ini juga memiliki kualitas yang baik untuk digunakan. Dengan glitter yang dihasilkan cocok untuk kaos dengan warna kalem seperti hitam atau putih.

11. Pigmen

Mungkin banyak yang tidak terlalu mengetahui sablon jenis ini, karena bisa dibilang sablon ini sudah tidak terlalu sering digunakan. Meskipun begitu sablon ini masih dinilai sebagai sablon yang bagus untuk digunakan pada kaos dengan warna cerah. Karena dinilai lebih membaur dan terlihat lebih natural hasilnya.

12. Chromicolor

Sablon yang satu ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan warna yang sangat terang. Tidak hanya itu saja, sablon ini juga memiliki keunikannya tersendiri. Dimana saat diusap seolah-olah warnanya akan menghilang, namun tidak lama akan kembali lagi seperti semula.

READ  Yuk Berkenalan Dengan Bahan Kain Scuba

13. Kaviar

Selain awet, sablon dengan jenis yang satu ini juga mempunyai keunikannya tersendiri. Dimana nanti hasilnya akan terlihat seperti bercak-bercak bulat yang seolah timbul dan sifatnya juga tidak simetris. Sehingga memberikan kesan berbeda pada kaos yang digunakan.

14. Sablon Photopia

Sekilas banyak yang menyangka kalau sablon ini sama seperti sablon glow in the dark, padahal ada perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Dimana sablon ini bisa menghasilkan warna yang berganti-ganti sesuai dengan tingkat cahaya yang berbeda, persis seperti bunglon.

Baca juga: ukuran standard baju

15. Thermoflex

Terakhir adalah sablon yang bisa menghasilkan desain kompleks dan juga berbeda. Hal ini dikarenakan perpaduan antara thermo transfer paper dengan material cutting bisa memberikan warna yang sangat terang dan juga solid. Selain itu bentuknya juga bisa diganti menjadi timbul sesuai dengan keinginan.

Itulah tadi beberapa jenis sablon yang tersedia di pasaran, dan merupakan jenis sablon yang paling bagus. Tentunya semua jenis sablon di atas memiliki keunikannya tersendiri yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan.