Khasiat Dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat kunyit

Pasti kalian hanya mengetahui kunyit sebagai bumbu masak saja. Padahal banyak sekali manfaat kunyit untu kesehatan dan berikut beberapa khasiat kunyit tersebut:

Mencegah Depresi

Depresi juga berhubungan dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak serta menyusutnya hippocampis, pada bagian otak yang berfungsi dalam belajar dan memori. hal ini karena kandungan kunyit memiliki fungsi utnuk membantu proses neurotropik yang dapat membuat dan memberi efek anti depresi.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat kunyit untuk mencegah penyakit alzheimer. Para ilmuan sepakat bahwa kandungan antioksidan dan anti-infalamasi dalam curcumin cukup kuat untuk mengancurkan plak amyloid pada otak yang menjadi penyebab utama penyakt alzheimer, perlu diketahu bahwa “jika sumbatan pada pembuluh darah berkurang maka bagian tertentu pada otak dapat dengan mudah menerima asupan oksigen dan dapat membuat otak berfungsi menjadi lebih baik lagi” menurut Hourigan. Alzheimer’s Disease Research Center di Universitas California, yang saat ini telah merencakan untuk melakukan uji coba pada manusia.

Mengurangi Risiko Terkena Serangan Jantung dan Stroke

Manfaat kunyit bagi kesehatan adalah dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Kandungan curcumin pada kunyit juga sangat bermanfaat untuk melawan kolestrol, menurut bowdden, dan pada sebuah penelitian menggunakan hewan menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu menurunkan kolestrol dan menegah penumpukan kolestrol jahat LDL pada pembuluh darah. Oleh karena itu curcumin dapat membantu mengentikan penumpukan plak (atherosclerosis) yang dapat menutupi arteri yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Baik Bagi Penderita Diabetes

Kunyit dapat membantu mengontrol aktivitas insulin dan glukosa, pada penelitian menggunakan hewan menunjukan bahwa kunyit mampu menurunkan tekanan gula darah, jika anda mengkonsumsi kunyit dalam program diet anda. Hourigan menganjurkan untuk memonitor gula darah. Ketika dikombinasikan dengan obat kunyit hanya dapat menurunkan gula darah darah dalam kadar rendah, hal ini dapat menyebabkan hypoglycemia (kadar gula dalam tubuh tidak cukup untukdigunakan sebagai bahan bakar dalam sel)

Perlindungan Kardiovaskular (Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah)

Kandungan curcumin dapat mencegah oksidasi kolestrol dalam tubuh, karena kolestrol yang teroksidasi dapat merusak pembuluh darah dan menumpuk di plak yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke, mencegah oksidasi pada kolestrol bisa membantu mencegah perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung.

READ  Gambar Alat Kesehatan dan Namanya Anda Harus Paham

Kunyit mengandung sumber vitamin B6 yang bermanfaat untuk menjaga tingkat momocysteine supaya tidak terlalu tinggi, asupan vitamin B6 merupakan salah satu asupan vitamin B6 yang tinggi hal ini juga dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Physiology and Farmakologi, mengatakan bahwa, ketika 10 orang relawan yang sehat mengkonsumsi 500 mg curcumin setiap hari selama seminggu, bukan hanya dapat menurunkan tingkat oksidasi darah sehingga dapat menurunkan kolestrol sebanyak 33%, akan tetapi total kolestrol yang berhasil mereka turunkan 11.63%, dan meningkatkan kolestrol baik HDL sebesar 29% (Soni KB, Kuttan R).

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.